Adu Bako, Cara TNI Berinteraksi Dengan Rakyat di Lokasi TMMD

Adu Bako, Cara TNI Berinteraksi Dengan Rakyat di Lokasi TMMD

Gunungsitoli | Kegiatan TMMD merupakan kegiatan lintas sektoral dalam meningkatan kesejahteraan masyarakat. Keterlibatan dan dukungan masyarakat setempat di lokasi TMMD 110 Kodim 0213/Nias telah menciptakan kemanunggalan TNI-rakyat.

Saat istirahat melepas lelah, personel Satgas TMMD dan masyarakat “adu bako” di lokasi TMMD, Selasa (23/3/2021).

Adu bako (ngerokok bareng) merupakan salah satu cara yang dilakukan personel TNI dalam berinteraksi sosial dengan masyarakat.

Istilah “adu bako” pernah melegenda dalam kehidupan TNI, di mana pimpinan TNI kala itu, cara paling sederhana dalam bergaul adalah melalui adu bako, seperti yang biasa dilakukan khalayak orang banyak, terutama berjenis kelamin laki-laki.

Kasdim 0213/Nias, Mayor Arm Utuh Saragih mengatakan, adu bako merupakan cara berinteraksi yang merupakan budaya bangsa yang patut dijaga kelestariannya.

Melepas lelah di sela waktu istrahat, mereka saling adu bako, senyum dan tawa nampak akrab saat personel satgas dan masyarakat saling bercanda.

“Adu bako ini merupakan interaksi TNI dengan masyarakat, dan ini merupakan budaya kita yang harus dijaga kelestariannya,” kata Utuh.

Terlihat di lokasi pengerjaan kegiatan TMMD ini, personel TNI dan masyarakat saling bercanda di saat mereka istrahat, ada yang menawari rokok, afo (sirih) hingga air minum.

Editor: Juniwan