Banyak Semut di Rumah? Basmi dengan Cara Ini

Banyak Semut di Rumah? Basmi dengan Cara Ini
Ilustrasi semut. (Pixabay)

Tapanuli Today | Pernahkah Anda menemukan segerombolan semut di dalam rumah dengan jumlah yang banyak? Atau bahkan dengan jangka waktu yang panjang gerombolan semut tak kunjung pergi?

Memang semut hewan kecil, namun jika semut selalu ada di dalam rumah dan mengerumi makanan, maka hal ini sudah menganggu, bukan?

Dilansir dari Kompas.com, Minggu (8/11/2020) sebagaimana dilansir The Spruce, alasan utama semut masuk ke rumah adalah mencari makanan atau air.

Setelah semut menemukan makanan, mereka akan membawa lagi ke sarangnya sambil meninggalkan jejak bau agar semut lain dari koloninya mengikuti untuk mendapatkan lebih banyak.

Oleh sebab itu, semut di dalam rumah sangat banyak dan tidak ada habisnya. Berikut ini cara mudah membasmi semut yang membandel:

Hilangkan sumber makanan

Untuk memutus mata rantai semut ini, langkah awal yakni menghilangkan sumber makanan atau air. Cara pertama adalah membersihkan makanan yang tumpah serta remah-remah di lantai, lemari, dapur, serta sudut-sudut ruangan.

Bersihkan lantai hingga tempat sampah

Kemudian, untuk menghilangkan bau yang ditinggalkan oleh semut, sapu dan pel lantai secara teratur.

Jangan lupa! kosongkan tempat sampah dan bersihkan tempat sampah secara teratur untuk mencegah penumpukan dan bau.

Perhatikan rumput dan pohon

Jagalah agar rumput tetap terpangkas dan pangkas pohon serta semak belukar agar tidak menyentuh rumah.

Sebab, semut juga bisa bersumber dari pepohonan di dekat rumah. Serta jaga kebersihan selokan, dan teras rumah.

Gunakan kapur anti semut

Jika memang semut sangat banyak, Anda bisa menggunakan kapur anti semut. Gunakan di bagian yang berpotensi didatangi oleh koloni semut. Lakukan hal tersebut berulang hingga semut tidak datang lagi.

Jangan menumpuk sampah sisa makanan

Hindari menumpuk sampah sisa makanan di mana pun, termasuk di tempat cuci piring, sehingga tidak ada semut yang berdatangan mencari bekas makanan.

Source: Kompas.com