Bupati Bakhtiar Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Al-Huda Hutanabolon

Bupati Bakhtiar Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Al-Huda Hutanabolon
Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani foto bersama pengurus BKM Al Huda Hutanabolon. (istimewa)

Tapanuli Tengah | Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani meletakkan batu pertama dimulainya pembangunan renovasi total Masjid Al-Huda, di Kelurahan Hutanabolon, Kecamatan Tukka, Minggu (28/03/2021).

Bakhtiar mengapresiasi langkah BKM Al-Huda Hutanabolon, panitia pembangunan dan juga warga. Rancangannya sangat bagus. Ini merupakan perpaduan arsitektur bangunan adat batak yang ikonik, modern nan syariah.

“Jangan jadikan awal peletakan batu pertama ini sebagai akhir. Saya ingin ada keberlangsungan pembangunan renovasi Masjid Al-Huda hingga selesai dan diakhiri dengan peresmian,” kata Bakhtiar.

Pemkab Tapteng akan memberi bantuan untuk pembangunan Masjid Al-Huda Hutanabolon melalui P-APBD Tapteng 2021.

“Saya juga atas nama pribadi dan keluarga akan turut membantu pembangunan renovasi total Masjid Al-Huda Hutanabolon ini,” katanya.
 
Ketua panitia pembangunan, Raynol Hermes Tambunan, sebelumnya melaporkan, Masjid Al-Huda Hutanabolon ini dibangun tahun 1971 dan selama itu belum pernah direnovasi secara total.

Maka direncanakan Masjid Al-Huda ini dibangun kembali dengan bentuk yang lebih ikonik, modern, dan syariah. Tujuannya untuk menciptakan keharmonisan peradaban yang religius.

“Masjid Al-Huda ini akan dibangun di atas tanah seluas 49 x 42 meter persegi, dengan luas bangunan 30 x 25 meter persegi,” kata Raynol.

Acaranya diawali pembacaan ayat suci Alquran oleh Asunni Panggabean dan sari tilawah oleh Monalisa Pasaribu.

Juga diwarnai penyampaian tausyiah agama oleh Ustad Khairil Anwar, dan diakhiri lelang amal untuk pembangunan masjid.

Editor: Juniwan