Ditemui Bakhtiar dan Jamal, Menteri KP Janji Kaji Ulang Perizinan Bermasalah

Ditemui Bakhtiar dan Jamal, Menteri KP Janji Kaji Ulang Perizinan Bermasalah
Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani menyerahkan proposal kepada Menteri KP Wahyu Trenggono di Jakarta. (istimewa)

Jakarta | Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan menemui  Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono di kantornya di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Senin (22/3/2021).

Kedatangan kedua petinggi daerah bertetangga ini untuk menyampaikan usulan pembangunan dalam rangka meningkatkan taraf hidup nelayan dan masyarakat pesisir yang ada di Kabupaten Tapteng dan Kota Sibolga. Sekaligus memaparkan potensi unggulan bidang kelautan dan perikanan yang dimiliki.

Bakhtiar dan Jamal juga bermohon kepada menteri agar diberi solusi percepatan pengurusan surat izin penangkapan ikan (SIPI) yang menjadi polemik (penyebab terkendala melaut) bagi nelayan Sibolga-Tapteng dan juga beberapa daerah lainnya.

Menanggapi hal ini, Menteri KP, Sakti Wahyu Trenggono berjanji akan melakukan kajian ulang tentang perizinan yang bermasalah.

Menteri juga berjanji akan berkunjung ke Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah untuk meninjau potensi kelautan dan perikanannya.

Wahyu Trenggono berharap, Bupati Tapteng dan juga Wali Kota Sibolga dapat mengembangkan sektor budidaya perikanan selain pengembangan perikanan tangkap.

Kemudian meningkatkan program asuransi nelayan untuk menjamin kesehatan dan keselamatan jiwa nelayan dan keluarganya.

Wahyu Trenggono juga menawarkan program budidaya ikan air payau dan tawar, budidaya benur lobster, kepiting dan rajungan.

Tentunya mengacu pada Permen KP nomor 12/permen-kp/2020 tentang Pengelolaan Kepiting, Lobster, dan Rajungan di Wilayah Negara Republik Indonesia.

Bupati Bakhtiar didampingi Wali Kota Jamaluddin usai pertemuan menjelaskan, Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono telah memberi respon positif terkait usulan dan program yang disampaikan.

“Saya selaku Bupati Tapteng bersama Wali Kota Sibolga, Abanganda Jamaluddin Pohan dan rombongan menemui Menteri Kelautan dan Perikanan, Bapak Sakti Wahyu Trenggono untuk memaparkan potensi unggulan sektor kelautan dan perikanan yang besar di kedua daerah,” kata Bakhtiar.

“Kami juga memohon perhatian bapak menteri untuk dapat merealisasikan percepatan pembangunan dalam rangka meningkatkan taraf hidup nelayan dan masyarakat pesisir yang ada di kedua daerah,” sambung dia.

Bakhtiar menambahkan, pada pertemuan tersebut pihaknya juga mengundang Menteri KP Sakti Wahyu Trenggono untuk dapat berkunjung ke Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga.

“Bapak menteri menyampaikan akan mengatur jadwal agar bisa berkunjung ke Sibolga dan Tapteng,” kata dia. (ril)

Editor: Juniwan