Ingin Tinggal dan Kuliah di Kota Batam? Kamu Harus Tahu 5 Hal Ini

Ingin Tinggal dan Kuliah di Kota Batam? Kamu Harus Tahu 5 Hal Ini
Jembatan Barelang Batam. (dok/Liputan6)

Batam | Kota Batam adalah kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Dengan jarak yang dekat dan berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia, kota ini juga dikenal sebagai destinasi wisata kuliner dan belanja bagi wisatawan mancanegara. Tak hanya itu, perekonomian di kawasan ini juga dinilai stabil.

Kota Batam telah menjelma menjadi kawasan metropolitan, dan juga menarik untuk menempuh pendidikan tinggi. Buat kamu yang ingin tinggal dan atau berkuliah di Kota Batam, coba simak dulu beberapa hal yang perlu kamu tahu.

Batam memang bisa dibilang identik dengan jalur perdagangan antara Indonesia dan Singapura serta Malaysia. Seiring berjalannya waktu, kota ini juga berkembang pesat dengan berbagai macam fasilitas penunjangnya seperti pada bidang pendidikan. Salah satu yang diunggulkan adalah Institut Teknologi Batam (ITEBA).

ITEBA adalah kampus bidang sains, teknologi dan desain, berbasis di Batam, Kepulauan Riau, yang peduli pada peningkatan kualitas dan kapabilitas SDM pada Sains, Teknologi, Engineering dan Matematika (STEM).

Untuk kamu anak rantau atau yang ingin mengenal serba-serbi tentang Batam, dan bagaimana tinggal atau bahkan berkuliah di Kota Batam, simak ulasan dari ITEBA berikut.

Serba-Serbi Batam

Batam terletak di wilayah strategis, berada di jalur pelayaran internasional. Kota ini berjarak dekat dan berbatasan dengan Singapura dan Malaysia, dan kerap dikunjungi oleh wisatawan dari negara tersebut, selain juga para perantau lainnya.

Seiring perkembangannya, kota ini diimbangi dengan pertumbuhan penduduk yang juga pesat. Pertumbuhan penduduknya mencapai ratusan kali lipat sejak 40 tahun silam.

Jika pada tahun 1970-an, penduduk kota ini hanya berkisar 6.000-an, maka pada tahun 2015, penduduk kota Batam telah mencapai 1.037.187 jiwa.

Penduduk Batam

Batam sendiri memiliki penduduk yang cukup padat, jika dibandingkan dengan luas wilayahnya. Hal ini karena laju pertumbuhan penduduk di kota yang terus meningkat setiap tahunnya.

Masyarakat Batam juga dapat dikatakan sangat beragam. Hal ini ditunjukkan dengan berbagai macam latar belakang suku dan golongan yang menjadi satu kesatuan di wilayah ini.

Kamu dapat menemui orang-orang yang berasal dari berbagai macam suku seperti, Melayu, Batak, Jawa, Minangkabau, hingga etnis Tionghoa dan lainnya.

Mereka hidup berdampingan dan berinteraksi secara baik yang membuat kerukunan antarsuku. Kamu makin punya banyak kawan dari berbagai suku dan budaya jika berkunjung atau tinggal di Batam!

Perekonomian dan Pariwisata Batam

Mengacu pada letak wilayah yang strategis, Batam juga memiliki laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Ada beragam sektor penunjang ekonomi seperti sektor industri, komunikasi, alih kapal, air, dan gas.

Adapun sektor perdagangan dan jasa menjadi urat nadi perekonomian bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Batam ini.

Sektor tersebut juga berkontribusi sebagai komoditi ekspor untuk negara lain. Di sisi lain, sektor pariwisata di Batam juga maju cukup pesat.

Hal ini dapat dilihat dengan adanya penyelenggaraan acara kunjungan wisata dengan tajuk “Visit Batam 2010-Experience It”.

Didukung dengan banyaknya resort dan jasa perhotelan yang semakin berkembang, industri pariwisata kota ini juga semakin berkembang.

Selain itu, banyak objek wisata yang dapat kamu nikmati di Batam, seperti Pantai Nongsa, pantai pasir putih dengan pemandangan bawah laut seperti terumbu karang serta biota laut yang indah dan menakjubkan.

Ada juga Ocarina Park yang merupakan sebuah megawisata yang berada di hamparan pasir putih. Taman tersebut dilengkapi berbagai wahana permainan, seperti Sky Runners, Robot Rail, Giant Wheel, Spin Tower, Waterpark dan juga Istana balon. Tak hanya wahana wisata, ada juga panggung terbuka, jogging track untuk berolahraga, dan gazebo.

Jangan lupa juga kunjungi beberapa tempat wisata lain, seperti Kampung Vietnam, dan jangan lupa ikon Batam, yaitu Jembatan Barelang.

Jembatan ini menghubungkan Pulau Batam dengan pulau-pulau lain di sekitar Batam, seperti Pulau Nipang, Pulau Remang, Pulau Galang serta Pulau Tonton yang pembangunannya dahulu diprakarsai oleh Presiden BJ. Habibie.

Transportasi Batam

Buat kamu yang berencana tinggal atau menempuh pendidikan di Batam, transportasi yang ada di kota ini cukup mudah untuk dijangkau. Selain dengan adanya transportasi online yang kini banyak hadir di berbagai wilayah Indonesia, ada juga moda angkutan kota serta Bus Rapid Transit (BRT) yang melayani berbagai tujuan di wilayah Batam.

Melalui beberapa moda transportasi tersebut, tidak sulit bagi kamu yang ingin bepergian ke berbagai wilayah di Batam ini dengan menggunakan moda transportasi yang tersedia di kota.

Jam operasional dari moda transportasi BRT atau dikenal dengan TransBatam tersebut, beroperasi dari pukul 05.30 hingga 19.00 WIB.

Bagi kamu yang ingin bepergian menggunakan moda transportasi umum di Batam, jangan lupa catat jamnya, ya!

Bagaimana Perkiraan Biaya Hidup di Batam?

Kalau kamu tertarik untuk tinggal di Batam, misalnya mungkin menempuh pendidikan atau berkuliah di Batam, tentu bertanya-tanya tentang biaya hidup di Batam.

Secara umum, berbicara mengenai biaya hidup untuk tinggal di Batam, bisa dibilang masih cukup terjangkau, dengan ulasannya sebagai berikut.

  1. Berbicara tentang tempat tinggal, di Batam kamu bisa mendapatkan tempat tinggal dengan harga yang cukup terjangkau, yang jadi nilai lebih tinggal di kota ini. Banyak ditemukan kamar kos dengan harga sewa sekitar Rp500.000-an per bulan dengan fasilitas standar, seperti meja, lemari pakaian, dan kasur.
  2. Ada berbagai pilihan makanan yang ditawarkan di Batam, dengan harga bervariasi, dari yang terjangkau hingga yang cukup menguras kantung. Namun dapat dikatakan untuk biaya makan, cukup relatif tidak jauh berbeda, seperti halnya di kota-kota besar lainnya di Indonesia.
  3. Untuk transportasi, Batam telah memiliki moda transportasi publik yang mana dapat membawamu ke mana-mana di wilayah Batam dengan tarif cukup terjangkau. Selain itu, transportasi online juga sudah tersebar di Batam, sehingga bisa dikatakan untuk transportasi di Batam, masih terbilang terjangkau dan mudah bagi kalangan perantau.

Itulah beberapa informasi tentang Kota Batam, bagi kamu yang ingin menjelajahi Kota Batam, untuk tinggal, atau mungkin berkuliah di Batam.

Editor: Juniwan