Ini 5 Tempat Wisata di Batam yang Wajib Kamu Kunjungi

Ini 5 Tempat Wisata di Batam yang Wajib Kamu Kunjungi
Salah satu objek wisata di Kota Batam. (dok/btp)

Tapanuli Today | Batam merupakan kota di Kepulauan Riau dengan letaknya yang sangat strategis. Lokasinya yang berdekatan dengan Singapura dan Malaysia menjadikan kota ini sebagai pintu masuk bagi wisatawan mancanegara.

Tidak hanya itu, potensi alamnya yang berbentuk kepulauan juga menjadi keuntungan tersendiri bagi sektor pariwisata Kota Batam.

Batam dengan beragam potensi wisatanya memiliki sejumlah destinasi yang tidak kalah indah dibanding kota lainnya.

Masing-masing pulau di kota ini memiliki keindahan yang berbeda-beda. Mulai dari wisata bahari, wisata buatan, kuliner, dan budaya. Ada banyak destinasi wisata yang dapat kamu eksplorasi di Batam.

Lantas, apa saja rekomendasi tempat wisata di Batam yang wajib masuk bucket list-mu?

Batam Tourism Polytechnic (BTP) telah merangkum beberapa destinasi wisata di Batam yang bisa menjadi referensi liburanmu, sebagai berikut:

1. Pulau Ranoh

Batam memiliki beragam pulau nan indah. Salah satunya adalah Pulau Ranoh. Terletak di gugusan Pulau Abang, Ranoh menyimpan keindahan pantai eksotis dengan suasana tropis yang dapat kamu nikmati.

Tidak hanya itu, beragam wahana olahraga air juga tersedia di pulau ini, seperti banana boat, ocean rafting, water floating, jet ski, flying fish, hingga snorkeling.

Uniknya, Pulau Ranoh menawarkan pengalaman menginap yang anti-mainstream, yaitu dengan berkemah.

Wisatawan dapat menyewa tenda dengan konsep glamping alias glamour camping, yang telah dilengkapi dengan tempat tidur dan fasilitas layaknya kamar hotel.

Selain itu, pengelola pulau juga menyediakan backpacker room, sebuah akomodasi berkonsep dormitory seperti di hostel. Di dalam setiap kamarnya, terdapat 12 tempat tidur bertingkat yang dapat dipesan sesuai kebutuhan wisatawan.

2. Pulau Mubud

Pulau Mubud berada di kawasan Barelang (Batam Rempang Galang), tepatnya di sisi timur Pulau Rempang. Mubud menjadi salah satu pulau dengan keindahan alam yang masih sangat terjaga. Pasalnya, pulau ini merupakan pulau tak berpenghuni alias pulau kosong.

Tentunya, berlibur di pulau ini bisa jadi tempat yang tepat, khususnya buat kamu yang sedang membutuhkan ketenangan.

Kamu juga dapat menikmati sunset dengan hamparan pemandangan laut atau berkeliling di sekitar hutan pohon kelapa yang masih cukup rimbun. Liburan pun terasa seperti di pulau pribadi!

3. Nuvasa Bay

Terletak di kawasan wisata Nongsa Batam, Nuvasa Bay menawarkan pemandangan air laut nan biru dan pasir putih yang terbentang di sepanjang area pantai.

Kawasan rekreasi ini mulai dibuka sejak 2016 dan terus berkembang menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Batam.

Selain pantai, Nuvasa Bay juga menyediakan Seaforest, sebuah kawasan rekreasi dengan beragam wahana laut dan darat.

Beberapa di antaranya ialah aqua adventure, water bubbles, paintball, banana boat, flying bike, dan flying fox.

4. Kepri Coral Batam

Kepri Coral merupakan salah satu kawasan wisata yang berada di ujung jembatan Barelang, tepatnya di Pulau Pengalap.

Destinasi wisata ini dirancang untuk wisatawan yang ingin merasakan suasana liburan yang menenangkan.

Kepri Coral sendiri memiliki restoran apung yang menyajikan menu bertemakan seafood, dengan kapasitas kurang lebih 700 orang.

Tepat di bawah restoran apung ini, wisatawan dapat menikmati sarana akuarium bawah laut dengan keindahan terumbu karang dan ikan.

Selain itu, Kepri Coral menyediakan sarana snorkeling bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan dasar laut secara langsung.

Dengan arus laut yang tidak terlalu deras, Kepri Coral bisa jadi lokasi yang tepat untuk snorkeling yang nyaman dan tenang.

5. Ocarina Park

Ocarina Park merupakan salah satu objek wisata buatan dan juga menjadi destinasi populer di Batam.

Dengan luas 40 hektar, taman ini menyediakan berbagai wahana permainan, seperti water park, kiddy land, giant wheel, spin tower, flying fox, dan masih banyak yang lainnya.

Wisatawan yang datang ke Ocarina Park ini tidak hanya bermain wahana, tapi juga dapat menikmati pemandangan pantai pasir putih.

Itu dia beberapa tempat wisata di Batam yang dapat kamu jadikan referensi liburan saat berkunjung ke kota ini.

Meski Batam lebih sering dikenal sebagai pusat berbelanja, namun potensi alam dan wisata kota ini juga tidak kalah menariknya untuk dieksplorasi.

Bagi kamu yang tertarik melanjutkan pendidikan tinggi di bidang pariwisata? Kamu juga bisa belajar secara komprehensif tentang pariwisata dengan bergabung sebagai mahasiswa BTP.

BTP merupakan salah satu politeknik swasta terbaik di bidang pariwisata yang berbasis di Batam, Kepulauan Riau, yang memberi perhatian pada penyediaan lulusan dan sumber daya manusia berkualitas bidang pariwisata.

Editor: Juniwan

Source: btp.ac.id

Silakan klik tautan di pojok kanan bawah untuk informasi selengkapnya>>>