Jalan Longsor, Polsek Barus Alihkan Jalur ke Pakkat

Jalan Longsor, Polsek Barus Alihkan Jalur ke Pakkat

Tapanuli Tengah | Jalan lintas penghubung Barus-Pakkat tertimbun longsor, Selasa (1/9/2020). Akibatnya, lalu lintas dua arah Tapteng-Humbahas lewat Pakkat terputus lantaran jalan tak dapat dilalui kendaraan.

Menyikapi peristiwa alam ini, Kapolres Tapteng, AKBP Nicolas Dedy Arifianto memerintahkan personel Polsek Barus untuk bersiaga di Jembatan Aek Sirahar, mengatur arus lalu lintas yang hendak ke Pakkat.

Kemudian, personel Polsek Barus mengalihkan pengguna jalan yang hendak menuju ke Pakkat melalui Manduamas, atau bahkan disuruh balik ke Sibolga.

“Karena jalan lintas di Desa Ambobi Paranginan, Kecamatan Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan sama sekali tidak bisa dilalui kendaraan,” ungkap Nicolas melalui Paur Subbag Humas, Ipda JS Sinurat, Selasa sore.

Dia menjelaskan, peristiwa longsor tersebut ditengarai curah hujan yang tinggi kurun waktu beberapa hari terakhir.

Sebelumnya, informasi peristiwa longsor di jalan lintas antar Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dengan Tapanuli Tengah, Sumatra Utara, diposting pengguna akun facebook, Herbet,
Selasa pagi (1/9/2020).

Dia mengunggah foto yang memperlihatkan kondisi badan jalan tertutup material longsor. Herbet dalam keterangannya mengatakan, kemungkinan evakuasi material longsor bisa mencapai satu hari sehingga arus lalu lintas bisa normal kembali.

“Jalan Pakkat Barus terputus akibat longsor, diperkirakan satu hari penuh untuk membuang tanah ini agar bisa dilewati, demikian info terkini,” tulis Herbet menginformasi.

Editor: juniwan