Jurus Menghilang dari Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan

Jurus Menghilang dari Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan
Ilustrasi WhatsApp (Pixabay/jorge henao)

Tapanuli Today | Bagi sebagian orang, banyaknya grup chat WhatsApp mungkin menjadi masalah. Selain karena cepat menghabiskan energi pada baterai ponsel pintar, jumlah grup chat dan pesan yang terlalu banyak juga membuat jenuh.

Terkadang ada rasa segan atau bahkan ada anggapan tidak sopan bila seorang pengguna ingin meninggalkan grup chat lantaran ketahuan anggota grup lainnya.

Bagi Anda yang ingin menghilangkan diri dari grup chat Whatsapp tanpa ketahuan oleh pengguna lainnya. Berikut beberapa jurusnya seperti dilansir dari CNBC Indonesia, Senin (15/3/2021).

1. Ganti nomor baru

Cara paling mudah untuk keluar dari grup WA tanpa ketahuan anggota grup yang lain adalah dengan mengganti nomor telepon yang baru. Tetapi, ini mungkin bukan cara yang cocok jika pengguna masih berniat menggunakan nomor lamanya.

2. Palsukan nomor telepon

Cara ini mungkin cocok bagi pengguna WA yang ingin keluar dari grup, tapi tidak perlu mengubah nomor secara permanen.

Caranya, tetap siapkan nomor baru sementara. Kemudian masuk ke menu pengaturan di WA (tiga titik di kanan atas). Kemudian klik Akun atau Account, dan pilih menu ubah nomor. Setelah itu, masukkan nomor baru cadangan tersebut.

Setelahnya, segera tinggalkan grup. Berikutnya pada menu pengaturan telepon, pilih aplikasi WhatsApp, setelah itu hapus data dan cache. Maka akun WA akan hilang, tapi nama yang lama masih akan ada di daftar anggota grup.

Kemudian, buka kembali aplikasi WhatsApp, lanjut mendaftar ulang dengan nomor lama.

Perlu diperhatikan, cara ini memang memiliki kerumitan yang cukup tinggi, sebab pengguna perlu memiliki dua nomor telepon dan banyak tahapan agar berhasil keluar dari grup WA tanpa diketahui.

3. Ganti nama dan hapus foto profil

Cara lain yang bisa digunakan tanpa harus mengganti nomor baru. Yakni pengguna dapat keluar grup secara permanen tanpa ketahuan.

Cukup ganti nama profil dan hapus foto profil. Untuk melakukannya klik menu opsi (tiga titik di kanan atas) dan pilih pengaturan atau settings.

Edit nama profil dan jangan lupa hapus foto profil. Setelah mengubahnya, kembali ke menu grup yang diinginkan, lalu keluar seperti biasa dengan memilih exit group.

Dengan mencoba cara ini tidak akan ada yang tahu, bahwa Anda sudah keluar karena notifikasi yang diterima tidak akan menyertakan namamu.

4. Bisukan grup WhatsApp selamanya

Cara terakhir ini adalah alternatif bagi pengguna yang tetap ingin ada di grup, tapi tidak mau terlalu bising mendapatkan notifikasi pesan grup.

Untuk melakukannya, tekan tahan grup yang dipilih. Ketika muncul pilih mengaktifkan fitur bisu atau mute notification, pilih opsi selalu atau always.

Source: CNBC Indonesia