Kapolda Sumut: Wartawan Itu Mitra Strategis Polri

Kapolda Sumut: Wartawan Itu Mitra Strategis Polri
Kapoldasu membuka pelatihan pembinaan fungsi humas. (istimewa)

Sibolga | Kapolda Sumatra Utara, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak mengatakan, humas sangat berperan penting bagi Polri dalam menyajikan pemberitaan.

“Peranan humas itu sangat strategis,” kata Panca membuka pelatihan pembinaan fungsi humas sejajaran Polda Sumut, Senin (3/5/2021).

Humas bertanggungjawab memberi informasi, mendidik, menyakinkan, meraih simpati dan membangkitkan ketertarikan masyarakat kepada Polri.

Panca mengatakan, peran wartawan sangat penting memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat. Tentunya harus dengan data yang valid dan sesuai fakta.

“Maka, humas dan media harus bersinergi. Sejak saya menjabat Kapolda Sumut, saya menegaskan bahwa media adalah mitra strategis Polri,” katanya.

Panca pun menegaskan agar para Kapolres selalu menjalin kerja sama dengan para wartawan.

“Bila kita menguasai bahan, kita tidak perlu takut untuk diwawancarai wartawan,” kata Panca.

Kapolda menegaskan dengan pelatihan ini, diharapkan kemampuan Humas Poldasu dapat maksimal. Pemberian informasi dapat dilakukan secara berjenjang.

Humas adalah unsur terdepan dalam menyampaikan informasi Polri. Diharapkan pelatihan ini memberikan dampak positif dan menambah ilmu rekan-rekan humas.

“Kemampuan pengelolaan informasi sangat penting,” kata dia.

Kasubbag Humas Sibolga, Iptu R Sormin mengatakan, pihaknya mengikuti kegiatan pelatihan pembinaan fungsi humas sejajaran Polda Sumut itu digelar secara virtual.

Editor: Juniwan