Kapolres AKBP Nicolas: Vaksinasi Personel Polres Tapteng Capai 97%

Kapolres AKBP Nicolas: Vaksinasi Personel Polres Tapteng Capai 97%
Kapolres Tapteng, AKBP Nicolas Dedy Arifianto. (juniwan)

Tapanuli Tengah | Kapolres Tapteng, AKBP Nicolas Dedy Arifianto menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di internal Polres Tapteng sudah mencapai 97%.

“Sedangkan 3% personel Polres Tapteng tidak divaksin lantaran tak mendapat rekomendasi dari dokter,” kata Nicolas Dedy pada rapat koordinasi percepatan vaksinasi dan sinergitas penanganan Covid 19, di Gedung Serba Guna Pandan, Rabu (31/3/2021).

Untuk mendukung program nasional vaksinasi Covid-19, pihaknya telah membuat surat perintah terkait pengamanan dan pengawalan distribusi vaksin.

“Surat perintah ini berdasarkan satuan tugas pemulihan ekonomi nasional (PEN) dari Bapak Presiden RI. Kita melakukan pengamanan dan pengawalan vaksin Covid-19 di wilayah hukum Polres Tapteng,” katanya.

Sebagai wujud keseriusan dalam mendukung program nasional vaksinasi Covid-19, Polres Tapteng tidak sekadar menyiapkan tenaga pengamanan dan pengawalan saja. Tenaga vaksinator juga sudah disiapkan.

“Dalam rapat bersama, kita juga menyarankan kegiatan vaksinasi secara mobile untuk mempermudah pelayanan ke daerah yang sulit dijangkau. Hal ini sesuai arahan Waka Polda Sumut,” Nicolas menambahkan.

Rapat koordinasi dipimpin Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani, juga dihadiri Dandim 0211/TT, Letkol Inf Dadang Alex; Ketua DPRD, Khairul Kiyedi Pasaribu; dan Wakil Ketua DPRD, Willy Syahputra Silitonga.

Hadir juga, Kadis Kesehatan Tapteng, Hj Nursyam; Kasat Intelkam Polres Tapteng, AKP Trio Romi Manik; Kasat Sabhara, AKP Tohap Sibuea, Kapolsek jajaran Polres Tapteng, Danramil jajaran Kodim 0211/TT, Kepala Puskesmas se Tapteng.

Pada kesempatan itu, Bupati Bakhtiar meminta kerja sama TNI-Polri untuk membantu percepatan vaksinasi pada April 2021, serta mengajak kesiapan tenaga kesehatan sebagai vaksinatornya.

Kabid P2P Dinkes Tapteng, Ewiya Laili menjelaskan soal ketersediaan vaksin. Apabila pemakaian vaksin sudah mencapai 70-80%, boleh mengusulkan penambahan vaksin ke Pemprov Sumut.

“Untuk target penyuntikan vaksin selanjutnya di wilayah Tapteng, yaitu sebanyak 543 orang (2 kali suntik),” kata Ewiya Laili.

Editor: Juniwan