Kasus Covid-19 Melonjak, Taput Perketat Protokol Kesehatan

Kasus Covid-19 Melonjak, Taput Perketat Protokol Kesehatan
Update data satgas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Tapanuli Utara

Tapanuli Utara | Berdasarkan update data satuan tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Tapanuli Utara per tanggal 16 Oktober 2020, terjadi peningkatan kasus terkonfirmasi positif covid-19 hingga mencapai 67 orang.

Menanggapi hal ini, Bupati Taput Nikson Nababan memberlakukan pengetatan protokol kesehatan dan membatasi kegiatan yang berpotensi mengumpulkan banyak orang.

“Satpol PP bekerja sama dengan TNI/Polri harus melakukan razia di setiap kegiatan pesta atau kerumunan orang hingga ke desa,” kata Bupati Nikson pada rapat penanganan Covid-19 di Taput, Jumat (16/10/2020).

Poskamling desa dan kelurahan segera diaktifkan kembali dengan swadaya masyarakat. Perayaan natal yang mengumpulkan massa juga akan ditiadakan.

“Bagi masyarakat yang telah melakukan rapid test dan hasilnya reaktif, sebelum keluar hasilnya harus melakukan isolasi mandiri. Apabila tidak diindahkan akan diberi sanksi,” tegas Nikson.

Pemkab Taput juga akan melakukan kerja sama operasional untuk mengatasi sulitnya mendapatkan alat diagnostik laboratorium di Rumah Sakit Tarutung, seperti Cartridge SARS-CoV-2.

“Sehingga yang sudah reaktif hasil rapid test-nya harus menunggu lama. KSO ini akan dituangkan dalam kesepakatan bersama Forkopimda Taput,” ujar Nikson.

Dia pun menjelaskan hasil kesepakatan rapat, ASN Taput tidak bisa tugas ke luar kota tanpa izin Bupati Taput, bila kedapatan akan ditindak sesuai aturan yang berlaku.

Pesta-pesta juga tidak diizinkan lagi, dan bagi yang sudah mendapat izin hanya diperbolehkan melakukan pemberkatan di gereja.

Kemudian, acara adat bagi yang meninggal dunia hanya diizinkan satu hari saja. Bagi yang meninggal dunia dibawa dari luar kota langsung dimakamkan.

“Keputusan ini berlaku mulai Sabtu (17/10/2020), hingga ada keputusan baru lagi,” timpal Nikson.

Berikut ini update data satuan tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Tapanuli Utara per tanggal 16 Oktober 2020:

Pelaku perjalanan: 990 orang
Kasus probable: 0 orang
Kasus suspek: 1  orang
Kasus suspek discarded: 11 orang
Kontak erat: 289 orang
Kontak erat discarded: 666 orang
Total kasus konfirmasi: 67 orang
Total kasus konfirmasi selesai isolasi: 42 orang
Kasus meninggal RT-PCR (+): 2 orang
Kasus konfirmasi dari luar Kabupaten Taput: 13 orang
Kasus konfirmasi selesai isolasi dari luar Kabupaten Taput: 5 orang

Editor: Juniwan