Kasus Pembakaran Mobil Anggota DPRD Tapteng, Polisi Tangkap Seorang Terduga Pelaku

Kasus Pembakaran Mobil Anggota DPRD Tapteng, Polisi Tangkap Seorang Terduga Pelaku
Paparan tersangka kasus pembakaran mobil. (istimewa)

Tapanuli Tengah | Polisi mengamankan seorang terduga pelaku pembakaran mobil Honda CR-V, milik anggota DPRD Tapteng, Madayansyah Tambunan yang terjadi sekira pukul 03.21 WIB, Sabtu (22/5/2021).

Kapolres Tapteng, AKBP Nicolas Dedy Arifianto melalui Kasubbag Humas, AKP Horas Gurning mengungkap, tersangkanya seorang laki-laki berinisial HKS (24), warga Dusun I Pargadungan, Desa Tapian Nauli I, Kecamatan Tapian Nauli, Tapanuli Tengah.

“Tersangka HKS diamankan ketika melintas di Jalan Padangsidimpuan di Kota Pandan, Minggu (30/5/2021) malam sekira pukul 21.00 WIB,” kata Gurning.

Dia menjelaskan, polisi masih memburu seorang tersangka lain yang diduga ikut terlibat dalam peristiwa tersebut.

Gurning mengatakan, pascakejadian, Polres Tapteng dan Polsek Sibabangun telah melakukan pemeriksaan 13 orang saksi.

Sementara, Tim Inafis Polres Tapteng bersama Tim Labfor Polda Sumut juga telah melakukan olah TKP dan mengumpulkan bukti-bukti.

“Berdasar hasil penyelidikan dan penyidikan, diduga ada dua orang terduga pelaku pembakaran mobil tersebut,” katanya.

Satu orang berperan menyiramkan cairan bahan bakar minyak yang dibungkus plastik, dan yang satu orang lagi berperan menyulutkan api ke mobil korban.

“Setelah mobil terbakar, kedua orang tersebut kemudian melarikan diri,” kata Gurning.

Diapresiasi Bupati Tapteng

Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani mengapresiasi tindakan kepolisian yang bergerak cepat mengusut dan menangkap terduga pelaku pembakaran mobil milik anggota DPRD Tapteng.

“Kami apresiasi dan terima kasih kepada Kapolres dan jajarannya. Pelakunya sudah ketangkap 1 orang, tinggal 1 orang lagi,” kata Bakhtiar kepada wartawan belum lama ini.

Bakhtiar juga meminta agar polisi jangan hanya menangkap terduga pelaku, tetapi aktor dibalik kasus pembakaran mobil itu harus ditangkap juga.

Menurut dia, terduga pelaku yang ditangkap itu ternyata tidak ada kaitan persoalan apa pun dengan Madayansyah Tambunan.

“Artinya, ada pelaku lain (otak pelaku). Dan diduga kuat ada persoalan pribadi antara Madayansyah dengan seseorang. Kami punya rekaman suara, dan sudah diserahkan ke polisi,” katanya.

Editor: Juniwan