Konsolidasi ke Pemkab Tapteng, Ini Program YEL di Kawasan Hutan Batangtoru

Konsolidasi ke Pemkab Tapteng, Ini Program YEL di Kawasan Hutan Batangtoru
Rapat konsolidasi Pemkab Tapteng bersama YEL. (istimewa)

Tapanuli Tengah | Pemkab Tapteng bersama Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) menggelar rapat konsolidasi tentang program dan kegiatan yang dilaksanakan YEL di kawasan hutan Tapanuli, ekosistem Batangtoru, Rabu (30/9/2020).

Kepala Bappeda Tapteng, Basyri Nasution mengatakan, YEL ini bekerja di bidang pelestarian satwa dan sumber daya alam hayati (fauna) yang berada di hutan Tapanuli. Pihaknya menyambut baik inisiasi YEL berkonsolidasi dengan Pemkab Tapteng.

Kawasan hutan Batangtoru kaya dengan satwa dan fauna langka. Satwa langka seperti Orang Utan, Harimau Sumatra, Tapir, dan lainnya yang harus dijaga kelestariannya.

Berbagai fauna langka juga banyak di kawasan hutan Batangtoru, bahkan menurut YEL jumlahnya sangat terbatas yang ada di dunia ini.

“Bahkan, spesies baru Orang Utan (Pongo Tapanuliensis) ada di kawasan hutan Batangtoru yang berbatasan dengan Kabupaten Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, dan Tapanuli Utara,” kata Basyri Nasution.

Pemkab Tapteng mengapresiasi kinerja YEL yang masih tetap eksis dan antusias menjaga kelestarian kawasan hutan Batangtoru.

Manajer Conservasi In-Situ YEL, Julius Paolo Siregar meyampaikan bahwa konsolidasi tersebut untuk menyosialisasikan program dan kegiatan YEL di Tapteng.

Pihaknya sudah bekerja di kawasan hutan Batangtoru sejak 2006. Hubungan koordinasi dengan Pemkab Tapteng pun sudah cukup lama.

“Kami melakukan pelestarian atau konservasi terhadap satwa langka khususnya Orang Utan Tapanuli dan habitatnya di kawasan hutan Tapanuli, yaitu hutan Batangtoru,” ujar Julius Paolo.

Namun hal ini tidak bisa dilakukan YEL secara sepihak, harus bekerja sama dengan pemerintah untuk dapat mendukung kegiatan agar pelestarian hutan Tapanuli, khususnya satwa langka Orang Utan Tapanuli lebih efektif.

Julius juga memaparkan program dan kegiatan yang dilakukan YEL di kawasan hutan Batangtoru, khususnya yang berada di wilayah Tapteng, kemudian dilanjut diskusi bersama OPD teknis terkait.

Editor: Juniwan