Langsung Diangkut, Sampah Berserak di Komplek Pelabuhan Sibolga

Langsung Diangkut, Sampah Berserak di Komplek Pelabuhan Sibolga
Bekas tumpukan sampah yang sudah diangkut. (istimewa)

Sibolga | Sempat berserak dan meresahkan warga dan pengunjung, tumpukan sampah di komplek Pelabuhan Sibolga, akhirnya diangkut mobil pengangkut sampah, Jumat sore (6/11/2020).

Tidak diketahui siapa yang langsung memerintahkan atau menggerakkan petugas mobil pengangkut sampah untuk mengevakuasi tumpukan sampah tersebut. Tetapi, lokasinya sudah dibersihkan.

Seorang warga (sumber yang sama) yang tak ingin namanya ditulis mengungkapkan, sampah tersebut baru saja diangkut sore tadi.

Tumpukan sampah di komplek Pelabuhan Sibolga tersebut sempat menimbulkan bau tidak sedap karena sudah lama tidak diangkut.

“Lebih kurang sudah dua bulan terakhir lah, sampah itu tidak diangkut oleh mobil pengangkut sampah,” ungkap warga itu kepada wartawan, Jumat (6/11/2020).

Dia mengungkapkan, warga dan instansi yang ada di komplek Pelabuhan Sibolga sudah membayar retribusi sampah kepada Pemkot Sibolga

“Setahu kami, retribusi sampah kan sudah dibayarkan melalui tagihan air PDAM Tirta Nauli Sibolga,” ujar warga itu.

Dia mengaku tidak tahu apakah warga dan instansi di komplek Pelabuhan Sibolga ini harus membayar tagihan retribusi sampah, di luar Perda yang ditetapkan.

“Kalau memang harus bayar, kami juga siap membayar, tapi harus ada aturannya dong,” ketus dia.

Tetapi, ada keanehan yang terjadi. Mobil sampah sering masuk ke dermaga pelabuhan mengambil sampah dari kapal.

“Kapal-kapal itu kan angkutan bergerak, bukan retributor pada Pemkot Sibolga, beli air juga bukan ke PDAM Tirta Nauli Sibolga. Kita juga tidak tahu kenapa sampah dari kapal lebih diutamakan,” kata warga itu.

Sayangnya, Kepala Dinas PKPLH Kota Sibolga belum berhasil dikonfirmasi terkait persoalan sampah di komplek Pelabuhan Sibolga.

Editor: Juniwan