Mahasiswa Teken Komitmen Moral, Siap Menangkan Jamal-Pantas

Mahasiswa Teken Komitmen Moral, Siap Menangkan Jamal-Pantas
Calon Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan menandatangani komitmen moral bersama yang ditawarkan Germas. (istimewa)

Sibolga | Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan dan Pantas Maruba Lumbantobing mendapat dukungan dari mahasiswa yang tergabung dalam wadah Germas (Gerakan Mahasiswa) Sibolga.

Dukungan itu diberikan lantaran hanya pasangan Jamal-Pantas yang respek dan berani menandatangani komitmen moral bersama yang ditawarkan Germas tersebut, yang harus dipenuhi pasangan JP bila terpilih nantinya di Pilkada Sibolga.

Penandatanganan komitmen moral dilakukan di Center Pemenangan JP di Jalan Suprapto, Kota Sibolga, Jumat (2/10/2020) kemarin, dan pasangan Jamal-Pantas hadir langsung pada kegiatan itu.

Koordinator Umum Germas Sibolga, Ansyar Afandi Paranginangin kepada wartawan mengatakan, mahasiswa memiliki beberapa alasan mendukung dan memenangkan pasangan Jamal-Pantas.

“Pasangan nomor urut satu itu memiliki visi misi yang jelas dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Apalagi pasangan JP selama ini sudah sering melaksanakan kegiatan sosial bersama masyarakat, bahkan jauh sebelum musim Pilkada,” katanya.

Ansyar mengatakan pasangan JP benar-benar hadir dari rakyat dan bekerja untuk rakyat. Dukungan terhadap pasangan JP ini tidak lahir begitu saja.

Sebelumnnya, Germas juga menawarkan beberapa komitmen moral yang harus dilaksanakan, apabila pasangan JP terpilih sebagai pemimpin di Kota Sibolga nantinya.

Ada 10 poin kewajiban dalam komitmen moral yang ditawarkan mahasiswa kepada pasangan Jamal-Pantas, di antaranya berlaku jujur dan adil terhadap masyarakat Sibolga.

Siap menjalin komunikasi dengan mahasiswa Sibolga, baik yang melanjutkan studi di dalam daerah Sibolga-Tapteng sekitarnya maupun di luar daerah.

Kemudian, memberikan beasiswa bagi siswa/mahasiswa berprestasi asal Kota Sibolga setiap tahunnya, baik prestasi akademik maupun non-akademik.

Meningkatkan kualitas tenaga pendidik seperti tugas belajar untuk peningkatan kualiatas peserta didik di Kota Sibolga.

Selanjutnya menyediakan program wajib belajar 9 tahun secara gratis agar tercipta pemerataan kualitas pendidikan bagi seluruh anak di Kota Sibolga tanpa diskriminasi.

Juga mengakomodir bantuan pendidikan SLTA/sederajat dari pemerintah provinsi ke pemerintah daerah secara adil dan merata.

Menyediakan pemerataan fasilitas pendidikan serta tempat belajar yang layak belajar bagi peserta didik di Kota Sibolga.

Memberikan dan menyediakan pelatihan, pemberdayaan serta pembinaan kepada para pemuda di Kota Sibolga.

Berkomitmen untuk membawa pemerintahan Kota Sibolga yang bersih, transparan, dan berkeadilan serta membuka jalan seluas-luasnya kepada pemuda untuk berkontribusi dalam pembangunan Kota Sibolga.

Pasangan JP juga harus menutup jika ada tempat maksiat dan perjudian di Kota Sibolga, karena dapat merusak moral anak bangsa.

Ansyar menegaskan, komitmen moral tersbut dibuat tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun, namun berasal dari keresahan masyarakat khususnya di bidang pendidikan.

“Perlu diingat, bahwa komitmen moral bersama yang ditawarkan Germas tersebut tidak hanya ditawarkan kepada pasangan JP, namun kepada seluruh kandidat kepala daerah yang akan bertarung di Pilkada Kota Sibolga,” tandasnya.

Calon Wali Kota Sibolga Jamaluddin Pohan sendiri mengapresiasi dan berterimakasih atas kehadiran mahasiswa yang tergabung dalam wadah Germas.

“Kami menerima tawaran komitmen moral ini, karena untuk kemajuan Sibolga kedepannya. Bahkan beberapa poin pada komitmen moral ini sudah ada dalam visi-misi pasangan JP,” tegas Jamal.

editor: juniwan