Pengguna Hangouts akan Dialihkan ke Google Chat

Pengguna Hangouts akan Dialihkan ke Google Chat
Ilustrasi google. (dok/okezone)

Tapanuli Today | Google secara resmi akan melakukan transisi pengguna dari aplikasi Hangouts ke Chat mulai awal tahun depan.

Sebagai bagian dari perubahan tersebut, layanan perpesanan Google Chat yang sebelumnya hanya tersedia untuk pelanggan yang membayar Google Workspace akan diubah menjadi gratis.

Layanan ini akan tersedia di Gmail serta aplikasi mandiri. Beberapa fitur dari Hangouts juga akan dihilangkan.

Dilansir dari Okezone, Sabtu (17/10/2020) sebagaimana dikutip dari The Verge, Jumat (16/10/2020), peralihan dari Hangouts ke Chat akan dilakukan secara bertahap.

Ada periode waktu ketika kedua layanan perpesanan tersebut masih tersedia. Google juga berencana menghapus dukungan Google Voice dari Hangouts pada awal tahun depan.

Pengguna pun tidak dapat lagi menerima panggilan dari Voice di Hangouts. Pengguna harus menggunakan aplikasi Voice khusus untuk SMS dan panggilan Google Voice.

Selain itu, Google tidak lagi mengizinkan pengguna menelepon dari Hangouts, dan video call group di Hangouts akan menggunakan Meet mulai November mendatang. Google juga mengumumkan rencana menghapus beberapa fitur Hangouts.

Lalu, untuk para pengguna Google Fi tidak lagi diizinkan mengelola SMS dan panggilan telepon dari Hangouts.

Namun, pengguna bisa mengalihkan percakapan Hangouts yang ada ke aplikasi Google Message dan mengelola panggilan dan teks Fi di aplikasi Message untuk web mulai dalam beberapa minggu ke depan.

Source: Okezonecom