Siaga Karhutla dan Lomba Kampung Tangguh di Tapteng

Siaga Karhutla dan Lomba Kampung Tangguh di Tapteng
Apel siaga Karhutla dan pembukaan lomba kampung tangguh di Mapolres Tapteng. (istiemwa)

Tapanuli Tengah | Wakil Bupati Tapteng, Darwin Sitompul menjelaskan, kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kini menjadi permasalahan serius, sehingga mendapat pantauan langsung dari Presiden RI, bahkan dunia.

“Berdasar laporan dan data dari Tim Satgas Penanganan Karhutla, terdapat 58 titik lokasi rawan di Kabupaten Tapanuli Tengah,” kata Darwin pada apel siaga karhutla dan pembukaan lomba kampung tangguh di Mapolres Tapteng, Kamis (8/4/2021).

Wabup Darwin menjelaskan, dalam Rakornas Karhutla di Istana Negara, Presiden Jokowi telah mengingatkan kepada jajarannya termasuk kepala daerah.

Termasuk pimpinan satuan TNI-Polri untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya karhutla.

“Lebih dari 99% penyebab kebakaran hutan dan lahan gambut adalah akibat ulah manusia, baik yang disengaja maupun akibat kelalaian,” ujar Darwin yang saat itu menjadi inspektur apel.

Danramil 04/Pinangsori, Kapten Inf Amser Sirait sebagai komandan apel, dan Kabag Ops Polres Tapteng, Kompol Yengki, sebagai perwira apel.

Pasukan apel, barisan Pama dan Camat, Denpom 1/2 Sibolga, Kodim 0211/TT, Lanal Sibolga, Satrad 234/Sibolga, Polres Tapteng, Basarnas Sibolga, Damkar, Satpol PP, Dishub, BPBD, lurah/kades, dan barisan sukarelawan.

Editor: Juniwan