Tambang Emas Martabe Bantu Supplies Damkar dan Pugar Rumah Sejarah Simagomago

Tambang Emas Martabe Bantu Supplies Damkar dan Pugar Rumah Sejarah Simagomago
Senior Manager Community, Pramana Triwahjudi; Community Development Manager, Christine Pepah; dan Community Relations, Manager Endra Hermawan; foto bersama Bupati Tapsel Syahrul Pasaribu. (istimewa)

Batangtoru | PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe memberi bantuan supplies (perlengkapan) dasar bagi personel satuan pemadam kebakaran (Damkar) Zona 3 Pemkab Tapsel yang meliputi beberapa kecamatan, yakni Batangtoru, Muara Batangtoru, Marancar, Angkola Barat dan Angkola Sangkunur.

Bantuan perlengkapan damkar ini, 5 set lengkap baju dan celana pemadam anti panas Nomex III A, termasuk sarung tangan, helm dan sepatu, 4 unit fire hose rubber zulu 1,5”x30 m machino coupling.

4 unit fire house rubber zulu 2,5”x20 m machino coupling, 1 kapak pemadam kebakaran 90 cm dan 1 nozzle protek 368 size 2.5” machino coupling.

Senior Manager Community PTAR, Pramana Triwahjudi mengemukakan, bantuan ini merupakan bentuk kepedulian PTAR terhadap kondisi keselamatan masyarakat di wilayah sekitar Tambang Emas Martabe terutama apabila terjadi kebakaran.

Kontribusi ini merupakan kelanjutan dari rangkaian kerja sama meningkatkan kapasitas dan kesiapsiagaan personel satuan Damkar agar lebih optimal dengan peralatan memadai sesuai standar dalam penanggulangan bencana kebakaran.

“Pada 2016, PTAR juga telah memberikan unit truk pemadam kebakaran,” jelas Pramana ketika menyerahkan paket bantuan tersebut kepada Bupati Tapsel, Syahrul M Pasaribu, di kompleks perkantoran Pemkab Tapsel, pada Jumat, 27 November 2020.

Sebelumnya, PTAR telah merancang serangkaian pelatihan penggulangan kebakaran bagi personel satuan tugas bersama dengan Emergency Response Team (ERT) PTAR, namun sedikit terkendala karena Covid-19, sehingga beberapa pelatihan masih tertunda.

“Mudah-mudahan pelatihan ini bisa terus kita lanjutnya dengan cara-cara baru menyesuaikan dengan protokol kesehatan Covid-19,” kata Pramana.

Dia menjelaskan, PTAR juga memberikan bantuan pemugaran untuk Rumah Sejarah Simagomago di Desa Sialagundi untuk dijadikan kantor Gugus Tugas Covid-19 Tapanuli Selatan.

PTAR memberi dukungan dalam bentuk pemugaran atau restorasi Rumah Sejarah Simagomago, juga termasuk kelengkapan kantor Gugus Tugas Covid-19 Tapanuli Selatan, seperti meja dan kursi kerja, serta komputer dan printer, di mana proses pemugaran memakan waktu selama 2 bulan.    

Sejak 1950, areal rumah ini telah digunakan untuk lahan pembibitan pertanian dan perkantoran seperti Gedung Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan tapanuli Selatan.

Mess UPDT Simagomago, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), Aula Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan, Bangunan Kantor Pertanian (Lambou) serta rumah jaga.

“Pada 1953, Wakil Presiden RI, Mohammad Hatta meresmikan sekaligus bermalam di rumah tersebut,” ujar Pramana.

Bupati Tapanuli Selatan Syahrul Pasaribu mengucapkan terima kasih atas donasi yang diberikan PTAR. Bantuan ini sangat bermanfaat khususnya untuk menyempurnakan perlengkapan pemadam kebakaran di sekitar tambang.

“Karena kebakaran di Pasar Batangtoru pada tahun lalu telah menyebabkan beberapa peralatan rusak,” kata Syahrul.

Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi bantuan pemugaran Rumah Sejarah Simagomago, karena sekarang dapat digunakan sebagai kantor Gugus Tugas COVID-19 Tapanuli Selatan.

“Seluruh bantuan ini akan kami manfaatkan dengan maksimal,” tutup Syahrul.

Editor: Juniwan